Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Software Akuntansi - Dona Alfian Blog

Jumat, 10 Februari 2012

Software Akuntansi. Kali ini Dona Alfian Blog akan sedikit mengulas tentang Software Akuntansi baik secara pemahaman pengertian atau contoh-contoh aplikasi akuntansi untuk keperluan anda. Software Akuntansi - Accounting Software merupakan perangkat lunak atau software yang dirancang untuk memudahkan aktivitas serta pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik "Account payable" seperti pembelian, Account receivable (penjualan), penggajian, buku besar, dan lain sebagainya. Software ini bisa merupakan software yang dikembangkan oleh pribadi atau oleh perusahaan, atau bisa dibeli dari pihak ketiga yang membuat serta menyediakannya, atau bisa pula merupakan kombinasi dari kedua hal tersebut. Karena hal tersebut, kapabelitas dan kompleksitas software akuntansi menjadi sangat beraneka ragam bergantung pada kondisi sebuah perusahaan atau bidang usaha yang akan menggunakannya. 


Software Akuntansi
Ada banyak sekali software akuntansi yang telah dibuat baik buatan indonesia ataupun luar negeri dengan fitur-fitur yang biasanya ada di software akuntansi dan keuangan. Diantara fitur fitur software akuntansi adalah : Multi User, Multi Company, Multi Bahasa, Database, Multi Cabang, Multi Currency, Modul AP, AR, GL, Stock, Payroll dan lain sebagainya. Pada dasarnya prinsipnya program akuntansi (keuangan) ditujukan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan, yaitu Rugi laba "Profit Lost Statement", Neraca "Balance Sheet", Cash Flow (Laporan Perubahan Posisi Keuangan). Untuk dapat menghasilkan laporan keuangan tersebut, langkah dasarnya adalah menyusun perkiraan, account, ledger atau Buku Besar. Dimana setiap ledger memiliki kode dan nama (yang biasa digunakan) serta mempunyai pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan. Diantaranya Ledger untuk rugi Laba, ledger untuk Neraca, Ledger untuk Biaya Pabrikasi dan Ledger untuk pabrik (Manufaktur).

Software akuntansi (Program Akuntansi) kebanyakan bukan software akuntansi gratis. Untuk software akuntansi berbayar biasanya harga berkisar ratusan ribu rupiah (Rp. 100.000, - 25.000.000,-) hingga puluhan juta. Sebagai contoh software akuntasi yang berbayar dan terkenal adalah software akuntansi myob. Begitu juga dengan zahir accounting software yang merupakan produk software akuntansi laporan keuangan terbaik Indonesia yang berkualitas, mudah digunakan dan berdaya tinggi. Tetapi tidak sedikit pula software akuntansi gratis yang bisa diunduh (download) secara gratis dengan fitur-fitur yang tidak kalah bagus dengan program akuntansi berbayar. Software akuntansi MYOB mungkin adalah solusi software yang ideal dan lengkap untuk penanganan mata uang asing, penagihan waktu dalam lingkungan multi user. Software akuntansi myob menyediakan persediaan maju, dan kemampuan bisnis manajemen bagi perusahaan menengah. Bahkan mengelola usaha menengah keatas dengan mudah menggunakan multi user MYOB Premier dan software akuntansi menggunakan tools yang menghemat waktu dalam mengelola dan menganalisa bisnis kita. 

Anda juga bisa menggunakan program akuntansi excel untuk membuat sebuah laporan keuangan atau pembukuan. Dengan program akuntansi excel pekerjaan pembukuan yang tadinya adalah pekerjaan yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi menjadi lebih dibantu dengan program akutansi ini. Pilihan ini didasari oleh tingginya biaya pembelian software akuntansi, membuat banyak perusahaan atau praktisi pembukuan bekerja secara manual dengan mengandalkan penggunaan program spreadsheet standar. apabila kita tidak menggunakan program akuntansi ini tentu membuat pekerjaan menjadi lama dan tidak efisien, Apasalahnya anda menggunakan program akuntansi excel yang berbasiskan microsoft Excel sebagai solusi problem tersebut.

Beberapa software akuntansi gratis diantaranya : Turbocash, HomeBank, LedgerSMB, SQL-Ledger, jGnash, Grisbi, Gnucash, Apache OFBiz, KMyMoney. aplikasi akuntansi ini gratis untuk di gunakan bagi keperluan anda, karena lisensi yang dikenakan pada program akuntansi ini adalah freeware (bebas untuk digunakan oleh siapapun). Anda bisa download software akuntansi secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Dan yang pasti akan membantu dalam manajemen akuntansi anda. Software akuntansi dan keuangan gratis ini makin banyak dan variatif sehingga anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. 

Apabila anda menginginkan program akuntansi gratis bisa mencarinya di mesin pencari seperti Google dengan kata kunci "accounting software" atau "software akuntansi gratis" atau "software akuntansi" dan lain sebagainya. Anda bisa langsung download dan mencobanya, dapatkan software akuntansi gratis di internet dengan mudah dan download software akuntansi gratis pada situs-situs yang menyediakan software akuntansi atau program aplikasi akuntansi. Semoga informasi tentang software akuntansi ini bisa bermanfaat untuk anda dan bisnis anda.



Jumat, Februari 10, 2012

2 comments:

Dona Alfian mengatakan...

Semoga Software Akuntansi ini bisa berguna buat teman teman.

Dona Alfian mengatakan...

Apabila ingin bertanya mengenai Software Akuntansi atau Program Akuntansi silahkan tuliskan saja di form Comment ya sob... :)