Rekomendasi Untuk Belanja Online !

404 Redirect untuk Blogger - Blogspot

Selasa, 04 Oktober 2011

Pernah ngga temen-temen blogger ngalamin link di Blogspot / blogger kehapus or ngga ada link yang bersangkutan dan waktu di kunjungi atau di lihat ada tulisan Page Not Found "Sorry, the page you were looking for in the blog thenameofblog does not exist". atau Laman tidak ditemukan "Maaf, laman yang sedang Anda cari dalam blog Dona Alfian Blog tidak ada". Kalo di website biasa atau blog yang menggunakan hosting umum bisa kita akali untuk meredirect pengunjung / visitor untuk diarahkan ke halaman yang kita mau. tapi kalo 404 Redirect untuk Blogger - Blogspot bagaimana caranya.


404 Redirect for Blogger - Blogspot

Cara untuk 404 Redirect untuk Blogger - Blogspot sebetulnya bisa lakukan dengan cara mudah, karena blogspot sudah menyediakan  menu untuk meredirect apabila terdapat link yang hilang atau mati. 404 Redirect untuk Blogger - Blogspot ini berlaku untuk anda yang menggunakan custom domain atau menggunakan domain berbayar seperti .com, .net, .org dll, dan terdapat fasilitas membuat subdomain. Kenapa demikian, karena pada saat fasilitas redirect diaktifkan di blogger maka akan diminta sesuai dengan nama domain untuk meredireknya. Jika di tempat membeli domain anda tidak memiliki fasilitas membuat subdomain bisa di akali dengan menggunakan layanan FREE DNS dari http://freedns.afraid.org.

Catatan: freedns.afraid.org adalah sebuah layanan FREE DNS yang bisa digunakan teman teman yang memiliki domain untuk bisa di custom seperti Setting Domain, Subdomain, Web Forward, Setting NS (Name Server), Serring MX mail dll. Layanan ini Gratis. Apabila anda ingin membeli domain yang murah dan penuh fasilitas untuk Blogspot / blogger anda silahkan beli di NameCheap.com. Coupon Code NameCheap untuk potongan harga bisa lihat di sidebar sisi kanan.

Karena saya menggunakan freedns.afraid.org maka saya akan membuat subdomain di menu layanan ini menggunakan menu Web Forward. Apabila menggunakan NameCheap anda tinggal membuat Subdomain baru di dalam domain anda untuk keperluan 404 Redirect untuk Blogger - Blogspot. Untuk pembuatan subdomain anda terserah anda menamainya, sebagai contoh saya membuat subdomain untuk redirect adalah 404.donaalfian.com. subdomain ini nantinya diberi perintah untuk meredirect ke halaman yang kita tuju (misal: halaman utama website/blogspot kita). Oke saya beri contoh jika menggunakan freedns.afraid.org.

404 Redirect untuk Blogger - Blogspot

Setelah jadi baru kita setting di bagian Blogspot / blogger untuk 404 Redirect jika terjadi file hilang atau halaman yang dituju ngga ada. Caranya : Masuk ke menu Setting >> Publishing lalu pilih menu Use a missing files host? menjadi Yes. Isi bagian alamat redirect dan akhiri dengan menulis Kode Verifikasi lalu Save.

404 Redirect untuk Blogger - Blogspot

Dan sekarang apabila blogspot / blog anda mengalami 404 maka akan di redirect ke halaman tersebut.Intinya tutorial ini bisa membuat 404 Redirect untuk Blogger - Blogspot yang berguna untuk memaksimalkan SEO dan mengarahkan pengunjung agar tetap bisa melihat blog/website kita. Bagi anda yang belum tau dan pengin tau Cara Daftar freedns.afraid.org bisa baca artikel saya selanjutnya di Dona Alfian Blog



Selasa, Oktober 04, 2011

3 comments:

Unknown mengatakan...

mas maaf kalo ane naya di sini mas ane mohon recomednadi buat id blog network donk

ini blog saya http://seputar-listrik.blogspot.com/ dan ini email saya udin.nurrofiq@gmail.com

terimakasih

Dona Alfian mengatakan...

@awaludin nurrofiq : hehehheh gapapa dech... soalnya dah aku buatin di menuforum biar kalo tanya lebih enak sih... :D

SEO Tips mengatakan...

Saya baru tahu nie, ternyata untuk costom domain seperti itu penyetiangan 404 error
trims mbak..
salam

Simple Tips