Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Membuat Karaoke dari MP3 - MP3 to Karaoke

Selasa, 30 Agustus 2011

Audacity® is free and open source software for recording and editing sounds, Nah ini dia yang bakalan saya bahas di tutorial multimedia kali ini. Gara gara nungguin Lebaran Idul Fitri 1432 H  yang kena Gusur akhirnya sempatin nulis untuk ngebahas Membuat Karaoke dari MP3 - MP3 to Karaoke. Intinya saya akan mengajak teman teman untuk bisa membuat Musik Karaoke dari File MP3 yang konon kabarnya udah ada Vokalnya. Gemana caranya ? nah itu yang nanti kita akan racik dan masak bersama "weleh kok malah kayak mau nyoba Resep Masakan" ;)

OK ! untuk Membuat Karaoke dari MP3 - MP3 to Karaoke diperlukan sebuah software yang tadi udah saya sebutin di awal "Audacity". Software ini akan kita gunakan untuk menghilangkan Vokal dari penyanyi yang berada di file MP3. Syarat agar vokal nanti bisa  ilang secara maksimal adalah : " MP3 Kudu kualitas yang bagus (Stereo) dan kalo bisa hasil Ripping dari CD jadi bener bener bersih". Apabila syarat ini terpenuhi lanjut ke langkah berikutnya.

Download dan Install Software Audacity dan Lame for Audacity. Program ini bisa digunakan di Operating System Windows, Mac Os, Linux. Jadi tinggal pilih nanti mana yang mau di Install. Kalo sekarang saya ingin menjelaskan yang menggunakan di Operating System Windows. Oke langsung ajah Download filenya :


Lame v3.9x.x for Audacity (Lame udah ada untuk versi OS lain selain windows "ekstrak doloe ya")

Oke Setelah download, Install kedua Software tersebut (Audacity dan Lame for Audacity). Selanjutnya kita akan mulai untuk Membuat Karaoke dari MP3 - MP3 to Karaoke.

Buka Program Audacity dan Open File Mp3 yang akan kita Remove Vocalnya.

Membuat Karaoke dari MP3 - MP3 to Karaoke

Saya coba sebuah File MP3 Berjudul "Insya Allah" dari Maher Zain (feat. Fadly Padi) sebagai bahan latihan. Setelah dibuka filenya kita akan Remove Vocal Dengan menggunakan menu : Effect >> Vocal Remover

Membuat Karaoke dari MP3 - MP3 to Karaoke

Pada saat anda memilih menu Vocal Remover (for center-panned vocals) akan keluar kotakan untuk meremove Vocalnya.


Ada 3 Pilihan untuk Meremove (menghilangkan vokal) tapi plih ajah yang pertama (Simple "entire spectrum" ). Kenapa ? Jika anda sudah mahir untuk mengetahui bebera tinggi nada suara atau frekwensi suara manusia bisa coba menu lain selain yang Simple. Langsung Pilih Button OK. Maka program akan memproses menghilangkan Suara vokal dari file mp3 yang tadi kta buka. Tara.... Selesai silahkan dicoba hasilnya. Gemana Cukup Lumayan Bukan.

Jika anda ingin menyimpannya lagi sebagai koleksi Karaoke dalam bentuk MP3 anda bisa menggunakan Menu Export di Audacity. Ikuti Urutan Nomor Untuk mengexport File hasil editan kita menjadi MP3 lagi.


Urutannya adalah 1. Pilih menu Export 2. Tulis Nama File dan type File yang akan di simpan 3. Isikan TAG Dari file yang berguna memberikan nama yang akan di kenali oleh Pemutar Audio seperti winamp, jet audio dll. 4. Klik Button OK untuk memproses. SELESAI ! ;). skarang anda sudah bisa Membuat Karaoke dari MP3 - MP3 to Karaoke.

Perlu di ingat tutorial ini tidak bermaksud untuk melakukan pembajakan atau hal yang bertentangan hukum, akan tetapi hanya untuk keperluan hobby pribadi biar bisa karaokean :D. Semoga Tutorial ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan isi di form Comment.

Bagi anda yang mencari Karaoke lagu anak-anak Mp3 dan Midi atau pengin karaokean menggunakan file midi silahkan download software dan mindinya di artikel tersebut.



Selasa, Agustus 30, 2011

2 comments:

Mas Zuhdi mengatakan...

Komplit sekali tutorialnya gan...langsung ijin download ya gan, terima kasih banyak ya...

Unknown mengatakan...

wah seru banget ilmu baru nich yang komplit