Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Membuat Website Wordpress di Freehostia dengan domain co.cc

Minggu, 19 Juni 2011

Masih ngebahas masalah pembuatan website berbasis CMS Wordpress, yang kemaren sudah di jelaskan secara detail menggunakan Webserver Localhost. Sekarang akan saya bahasa pembuatan website menggunakan hosting luar (Membuat Website Wordpress di Freehostia) dan domain menggunkana co.cc.

Mengapa menggunakan Hosting Frehostia.com ? Selain fitur yang diberikan sangat banyak, di freehostia juga memberikan layanan Gratis alias tak berbayar. ini bisa anda gunakan sebagai ajang latihan untuk membuat sebuah website yang bisa di tampilkan di Seluruh dunia alias bisa di onlinekan. Jika menggunakan Hosting Localhost kita hanya belajar tentang membuat website secara local (hanya bisa dilihat di komputer kita saja) tetapi jika menggunakan hosting luar kita bisa melihatnya dari manapun (dari warnet, kantor, caffe, dll). Untuk domain (nama panggilan website kita) akan menggunakan layanan domain gratis dengan Co.CC. jadi nanti website anda akan diberinama yang berakhiran Co.Cc. Kenapa tidak .Com, .Net, .Us, .info, .Org atau yang lainnya ? hmmm... kalo itu adalah domain yang berbayar , maksudnya anda akan di kenakan biaya setiap 1 tahun sekali. Jadi sebelum anda memiliki domain berbayar dan hosting berbayar, ngga ada salahnya anda berlatih dengan menggunakan domain dan hosting gratis. Tapi jangan salah ! walau dengan hosting dan domain Gratis anda bisa memiliki website untuk keperluan usaha anda dan bisa juga menghasilkan Uang dari Internet walau hanya dengan GRATISAN !. Trust It, It work ! :P


Oke kita lanjutkan tutorialnya... untuk awal Membuat Website Wordpress di Freehostia dengan domain co.cc adalah sebagai berikut :
Buatlah domain Co.Cc terlebih dahulu untuk nama domain anda. Jika anda belum memiliki username atau Account di Co.Cc anda bisa daftar dan mendapatkan account melalui Blog ini.


Silahkan tuliskan nama domain yang bagus dan sesuai dengan keinginan anda di form yang ada di atas. Selanjutnya ikuti langkahnya. Semisal anda akan mendaftar dengan nama www.donaalfian.co.cc dan setelah di cek ternyata ada atau avaliable maka lanjutkan proses selanjutnya.


Ada Dua Pilihan mendaftar jika anda sudah ada account di Co.cc Tinggal Login saja. tapi kalo belum lanjutkan dengan memilih menu Creat an Account Now


Selanjutnya isi data diri anda. dan lanjutkan kelangkah selanjutnya.


Ulangi password anda untuk memastikan pendaftaran di Co.Cc


Lanjutan Sign In / Login ke dalam Account Anda untuk melanjutkan pendaftaran kepemilikan nama domain di Co.Cc.

Selamat Nama domain anda telah jadi dan terdaftar di Co.Cc. dan lanjutkan dengan menSetup domain anda untuk di hubungkan dengan Hosting di Freehostia.
Pilih menu Set Up dan ikuti langkah selanjutnya.

Pilih Layanan Name Server untuk mengkoneksikan antara domain dan hosting dari Co.cc ke Freehostia.com. Isikan Name Server 1 dengan dns1.freehostia.com dan Name Server 2 dengan dns2.freehostia.com Selanjutnya pilih Button Set Up.

Selesai ! setting domain anda telah selesai dan akan dilanjutkan setting webhosting di Freehostia.

Oke untuk hosting di freehostia anda harus mendaftar dulu di sana. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Silahkan menuju halaman website freehostia di http://www.freehostia.com pilih Button Free Hosting Sign-Up untuk mendaftar.


Isikan data anda di Form yang telah di sediakan dengan benar. Perlu di ingat karena kita akan menggunakan CMS Wordpress maka pada pilihan Form Pre-Installed Scripts di isi dengan Wordpress. dan di Form Add a Domain Name to Hosts pilih Use my exiting domain dan isi dengan domain co.cc anda tadi. dan untuk isian yang lain silahkan isi dengan benar. Dilanjutkan dengan mengisi Verifikasi Code dan Continue.



Continue >> dan View Your Order Detail.

Selesai ! Domain dan Hosting anda telah tersetting dengan benar sekarang. Anda tinggal menunggu Penampakan website anda kurang lebih 1x24 jam atau paling lama 2x24 Jam untuk pengaktifan. Anda akan mendapatkan informasi dari Freehostia tentang Account Hosting dan Account Login ke Website Wordpress baru anda melalui email. Simpan baik baik atau jika perlu password di ganti agar anda mudah mengingatnya. dan anda bisa mulai mengisi Website anda dengan berita berita sesuai dengan keinginan anda. Jika anda memang sudah berlatih cara mengisi berita, membuat category di dalam tutorial Cara membuat Website di Localhost - Web Server Local pada saat yang lalu. anda tentu sudah tidak kesulitan. untuk memanggil Website baru anda anda tinggal menulis di browser anda " http://namawebsiteanda.co.cc ". Pada sesi selanjutnya saya akan membahas tentang Themes Wordpress, Plugins Wordpress, Setting database di Website dan Managemen file di Hosting menggunakan FireFTP (Plugin FTP di FireFox).

Mudah bukan, :D jika anda masih belum faham silahkan ajukan pertanyaan di Form Comment di bawah tutorial ini. dengan senang hati saya akan memberikan informasi seputar pertanyaan anda.Semoga bermanfaat. Amin.

Apakah Informasi ini membamtu anda ? Jika Ya, silahkan tulisakan masukan, Pertanyaan, Pendapat anda seputar Membuat Website Wordpress di Freehostia dengan domain co.cc di form yang telahkami sediakan. Terima kasih.



Minggu, Juni 19, 2011

4 comments:

mydiary mengatakan...

mohon pencerahannya nih gan setelah hosting di freehostia.com cara untuk mengintal plugin gimana nih gan..sy kok selalu gagal trus untuk menginstal plugin mohon bantuaanya nih makasih

Dona Alfian mengatakan...

@mydiary: sob untuk plug in apa ya.. wordpress atau apa.. mohon diperjelas biar saya ngga salah kasih info.. :)

Dona Alfian mengatakan...

@mydiary: kalo mo install plugins di wordpres di freehostia tinggal upload leat cpanel ajah file pluginsnya trus setelah itu aktifin ajah di bagian wordpress plugins.

sallam

www.ikofxindonesia.com mengatakan...

Hello para Mastah mohon petunjuk ---> Tadi Blog ane... saya coba ganti domain gretongan [ co.cc ] tapi mengapa ketika browsing harus di awali WWW dulu , padahal sebelum ganti domain langsung saya ketik nama domain langsung menuju TKP, tapi sekarang musti di awali WWW dulu... Mohon petunjuk Para Mastah disini