Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Semua Program Exe menjadi Ms Office

Sabtu, 30 April 2011

"Haduh, Kenapa ya...? Semua Program Exe menjadi Ms Office", dan waktu dijalanin malah kebuka sama Microsoft Office atau mungkin ( Semua Program Menjadi Shortcut Program Tertentu ), Mana Laptop aku baru beli... apes dech... ;). Hmm.. mungkin ini yang anda tanyakan atau bingung pada saat membuka laptop / desktop komputer anda yang berbasis Windows 7 atau Windows Vista. Apa bisa di sembuhin...? alias virusnya di ilangin..? 

Jangan khawatir kali ini saya akan menjelaskan cara menghilangkan virusnya atau membuat komputer anda normal kembali untuk virus yang merubah Semua Program Exe menjadi Ms Office atau Semua Program Menjadi Shortcut. Pada dasarnya virus yang ada di komputer anda adalah virus yang menonaktifkan  fungsi exe, ico atau asosiasi file extention dalam menjalankan program yang anda inginkan. dalam sebuah program windows setiap file memiliki program masih masing untuk menjalankanya atau sudah terasosiasi. misal file .jpg bisa di buka menggunakan program Paint atau dengan Windows picture and fax viewer, atau bisa juga menggunakan program image viewer. file .avi bisa di buka menggunakan video viewer seperti windows media player, winamp, Media Player dll.


Ok langsung ajah dech, karena semua extensi EXE anda dirubah di registrynya (Default registry pada windows 7 atau vista anda sudah dirubah menjadi winword.exe / Semua Program Exe menjadi Ms Office) jadi apa bila menjalankan program exe atau program lain anda akan di buka menggunakan program winword atau Microsoft Office. Cara menghilangkannya adalah dengan merubah registry file exe anda menjadi default kembali. Saya sudah menyediakan file registry dalam bentuk file .reg yang siap di jalankan untuk mengembalikan ke bentuk default. caranya tinggal klik 2x pada file tersebut dan mengijinkan untuk penulisan registry pada windows. Setelah itu restart komputer anda.


Silahkan downloadm extrak file zipnya dan jalankan sesuai dengan petunjuk. semoga membantu.

* Apabila anda kesulitan menjalankan programmnya karena semua program di jalankan menjadi program microsoft office, silahkan uninstal program Microsoft Officenya terlbih dahulu dan baru mendefaultkan Registrynya. Dan Instal ulang MS Office anda. jika masih bingung silahkan tanyakan di bagian comment.

Update : Untuk teman-teman yang ingin merubah Shortcut menjadi kebentuk semula bisa menggunakan Default Ico Registry yang bisa di download juga dari Dona Alfian Blog. Caranya, setelah Default Windows EXE Registry telah dijalankan dan komputer di Restart Jalankan Default Ico Registry untuk menormalisasi Shortcut anda, extrak dan klik 2x pada Default_ico.reg atau jalankan langsung dari file Zip. Oke/Apply saja apabila Registry ini akan mengembalikan registry kebentuk default. Selesai ;) restart komputer. Semua Program Menjadi Shortcut kini telah pulih kembali.

Download Default Ico Registry



Sabtu, April 30, 2011

5 comments:

wildan mengatakan...

kalau file yang lain gimana?

Dona Alfian mengatakan...

intinya sama mas wildan, kita merubah default untuk menjalankan programnya doloe, kalo udah berarti semua program baru bisa dijalankan.

Hanna mengatakan...

mas mau tanya, ini tadi saya habis download, saya buka pake winzip terus tiba-tiba semua shortcut program yang ada di taskbar sama dektop kalo di buka jadi winzip semua. terus saya coba menghapus semua file yg ada hubungannya sama zip ini. sekarang jadinya kalo buka program itu harus 'open with' lalu buka file locationnya (*.exe)
gimana cara balikin ke semulanya? makasih

Dona Alfian mengatakan...

@hanna:
Caranya gampang kok na, kamu tinggal download file itu tadi di extrack di komputer lain, trus masukin ke flashdisk, buka komputer yang kena virus tadi.. trus jalanin filenya (klik 2x), restart komputer, beres dech. Siapin Smadav terbaru buat bersihin sisa sisa sampah virus dan balikin hiden file yang tersembunyi. coba doloe moga ngebantu.

Diga-Max mengatakan...

sortcut-nya masih tetap Open with Ms.Word, regestri sudah berhasil ditambahkan, dan sudah saya re-start. tetep aja seperti itu.
ada solusi lain.(selain install ulang )
Terimakasi.