Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Membuat Ecommerce Toko Online dengan Hosting dan Domain Gratis 2

Minggu, 13 Juni 2010

Setelah beberapa saat lalu saya memberikan tutorial untuk membuat domain gratis di http://www.co.cc dan juga cara menyeting hosting gratis untuk membuat toko gratis sekarang giliran saya untuk menjelaskan step by step untuk menyeting sebuah website toko dengan hosting gratis berbasis CMS (Conten Management System) osCommerce yang bisa anda setting sendiri.

Cara menyeting CMS osCommerce ini tidak terlalu sulit sebab sudah ada alur Penginstalan CMS tersebut. Oke kita mulai saja menginstal CMSnya. Jika anda sudah membaca dan menjalankan semua cara-cara yang ada pada sesi pertama tentu anda sudah memiliki sebuah domain dan hosting yang siap untuk di instal cms ini. Sambil mengingatkan saja jika setting domain dan hostng sudah benar, apabila kita melihat di alamat situs kita maka akan tampil gambaar seperti ini :





Langkah pertama untuk menginstal cms ini kita harus meletakkan file cms oscommerce di hosting yang telah kita buat, Untuk memasukan file tersebut anda bisa menggunakan File manager bawaan dari 000webhost.com pada Cpanel anda, atau bisa menggunakan Program FTP. Pada kali ini saya akan menggunakan Program FTP FileZilla. anda bisa download pada link yang saya berikan.Setelah download install program FileZilla di komputer anda.Jalan kan Program FileZilla untuk upload file cms kita. Sebelum terhubung dengan hosting yang akan kita kirimi file kita terlebih dahulu wajib LOGIN ke ftp hosting kita dengan Program FileZilla.


Untuk Account bisa di lihat di email kita (lihat kiriman email dari 000webhost.com tentang account ftp kita). Jangan lupa untuk memasukkan semua file CMS kita ke direktori /public_html


Setelah kita upload semua kita akan sebelumnya mengeset data base yang nantinya akan di pakai untuk cms toko kita ini. Kita tinggal login ke area Control Panel di Hosting 000webhost kita (http://members.000webhost.com). Pilih menu Go to Control Panel :

Selanjutnya pilih Menu : Mysql


Selanjutnya Buatlah Database dan password account Database kita :

Jika di klik Button Create database akan muncul Halaman ini :

nah account ini yang nantinya bisa di gunakan dalam proses penginstallan.

Selanjutnya adalah proses install CMS pada website kita. langsung saja buat satu windows untuk install di website Kita :

Jika ada blok merah yang bertuliskan configure.php harus di rubah hak aksesnya berarti kita harus merubah hak akses untuk file yang di sebutkan itu. Caranya kita kembali ke program FileZilla untuk merubah hak akses sesuai perintah di website kita menjadi 777 .


Cari File yang akan kita ganti hak aksesnya (keterangan keberaan file sudah ditunjukan di website pada saat instal) ada 2 file yang kita harus rubah. Rubahlah menjadi 777 baik di tulis langsung atau menggunakan button.


Setelah kedua duanya telah kita ganti hak aksesnya kita kembali kehalaman browser penginstalan cms kita.  untuk menghilangkan blok merah klik tombol Retry dan ikuti langkah selanjutnya.


Pilih Button Continue untuk melanjutkan, dan masukkan database yang tadi telah kita buat.
 
Lanjutkan ke Langkah selanjutnya : 

Lanjut ke Langkah selanjutnyayaitu menyeting Nama dan Kelengkapan Toko Kita.

Selanjutnya penginstalan akan sukses dan kita telah memiliki sebuah website untuk store atau toko kita. anda bisa langusng mengedit barang di toko anda dengan menekan tombol Catalog atau Administration tool.


Kita akan buka Store/toko kita untuk pertama kali. tetapi jangan lupa untuk melakukan penghapusan direktori install di hosting kita menggunakan FileZilla, dan melakukan penggantian hak akses menjadi 666 pada file configure.php di folder /includes agar tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk keperluan install CMS Oscommerce silahkan anda bisa download file disini :
store.rar ( Di extrak terlebih dahulu).


Jika ada pertanyaan silahkan untuk tak segan segan untuk share disini.



Minggu, Juni 13, 2010

0 comments: