Rekomendasi Untuk Belanja Online !

Membuat Ecommerce Toko Online dengan Hosting dan Domain Gratis

Rabu, 30 September 2009

Jika kita sudah mengenal internet kita pasti tau tentang E-Commerce atau biasanya disebut toko online. Makin banyak toko online yang sekarang telah ada di internet, selain memperluas jaringan penjualan hingga luar kota toko online bisa juga digunakan sebagai sarana promosi bagi anda untuk bisa menjual produk produk yang anda miliki secara mudah dan praktis.

Pernahkan anda terpikir untuk membuatnya dan bermaksud untuk menjual produk atau jasa yang anda miliki. Jika anda berminat kali ini saya akan membuat sebuah tutorial yang ringan dan simple dalam membuat toko online bagi anda dengan fasilitas "domain gratis" serta "hosting gratis". Jika anda telah memiliki uang untuk membeli domain .com, .net atau yang lainnya dan membeli hosting mungkin tutorial ini bisa bermanfaat untuk sarana latihan bagi anda dalam mengenal lebih jauh bagaimana anda membuat sebuah toko online.



Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan domain dari penyedia domain gratsi co.cc dan menggunakan hosting dari penyedia domain gratis 000webhost.com. Selain gratis fasilitas yang ditawarkan kedua penyedia ini mereka juga menyediakan banyak tools yang nanti sangat bermanfaat bagi anda untuk membuat sebuah toko online atau website yang berbasis Database (menggunakan program PHP).



Langsung saja, untuk membuat sebuah toko online yang bisa digunakan anda bisa menggunakan CMS ( Content Management System) atau Sebuah paket website  yang telah disediakan dengan gratis untuk keperluan anda. pada kali ini saya menggunakan sebuah cms dari "osCommerce", Open Source Online Shop E-Commerce Solutions. Selain gratis juga fasilitasnya yang ada sudah bisa memenuhi kebutuhan toko online anda. Cara install CMS ini juga tergolong sangat mudah. Sebelum menginstal CMS ini tentunya anda harus menyiapkan domain serta hosting yang nantinya bisa di install CMS ini.


Langkah 1
Daftar domain Co.cc dan setting DNS 000webhost.com


Untuk mendaftar di Co.cc caranya cukup mudah, anda tinggal menuju http://www.co.cc cari domain yang sesuai dengan tokoonline anda. untuk cara daftar silahkan baca disini.
sambil menunggu domain jadi dan hosting dikatifkan pada saat mendaftar co.cc silahkan isi dibagian DNS server isi server 1 dan 2 Dengan ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com. Jangan lupa untuk mengaktifkan domain dengan mengeklik active domain pada halam setting co.cc.



- Daftar Hosting Gratis di 000Webhost.com



Setelah mendaftar domain di co.cc anda bisa langsung mendaftar / register hosting di http://www.000webhost.com




Setting domain yang telah anda register di co.cc sehingga akan bisa terhubung dengan hosting yang anda daftarkan.

- Setting - membuat online store di hosting 000webhost.com

Jika proses diatas telah dilaknakan dan website telah tampil di internet maka proses selanjutnya adalah menginstall CMS osCommerce pada website anda. Jika anda menginginkan CMS lain anda bisa melakukannya dengan cara menginstall CMS tersebut ke dalam website anda. (Sebagai contoh menginstall CMS Wordpress). Langkah langkah untuk menginstall CMS osCommerce adalah sebagai berikut :

1. Upload File CMS osCommerce ke hosting 000webhost.com

Selain bisa menggunakan dengan cara manual ( menggunakan Control Panel) yang telah di sediakan oleh 000webhost kita bisa akan lebih mudah menggunakan FTP Program seperti CuteFTP, FlashFXP, SmartFTP atau program FTP lainnya. untuk kali ini saya akan memberikan gambaran upload menggunakan Contol Panel yang telah disediakan :

Login mengunakan email untuk masuk ke cpanel pada 000webhost.com dan klik menu Go to CPanel


Pilih File Manager untuk upload file anda.


Klik pada menu Public HTML untuk masuk ke folder tersebut. karena nantinya file file online store anda akan di simpan di folder ini


untuk memulai uploadnya klik menu upload dibagian atas di rektori.




Jika semua file telah terupload kini giliran kita menginstall CMS tersebut. untuk Penginstalan CMS saya akan bahas di Membuat Ecommerce Toko Online dengan Hosting dan Domain Gratis sesi II. selain itu juga saya akan selaskan mengenai penggunaan program FTP untuk lebih mempermudah anda mengupload file ke 000webhost.



Rabu, September 30, 2009

7 comments:

Dona Alfian mengatakan...

Terimakasih Sudah berkunjung ke blog saya

Anonim mengatakan...

Terima kasih infonya, saya tunggu sesi keduanya.

antonhpt mengatakan...

Mas dbagian terakhir saya gak ngerti, file apa yg harus di upload k public html???mohon jwabanny.. Thx, klau ada email dong biar bisa berguru.. Hoho

Administrator mengatakan...

Mas anton untuk file yang di Upload adalah "File CMS" yang di jelaskan di sesi 2.

Semoga membantu.

eny.37e mengatakan...

Terima kasih informasinya....

yoga permana kusumah mengatakan...

wah tutorialnya bermanfaat mas, salam kenal :)

Dona Alfian mengatakan...

@eny. Sama sama mba..
@yoga permana : Salam kenal balik mas. :)